Jenis-jenis Peta Stakeholder

Jenis-jenis peta stakeholder yang diterangkan dalam buku "Teori dan Teknik Analisis Stakeholder" adalah sebagai berikut:

1. Peta stakeholder dengan 2 atribut,
2. Peta stakeholder dengan 3 atribut, dan
3. Peta stakeholder dengan 4 atribut.

Ad 1. Peta stakeholder dengan 2 atribut.

Bentuk matriks 2 x 2 ini sangat banyak digunakan dalam menetapkan berbagai strategi manajemen. Pelaku analisis dapat menentukan dan memilih sendiri jenis-jenis atribut yang akan dijadikan pasangan sesuai dengan isu atau konteks yang dihadapi, misalnya "Kebutuhan akan layanan kesehatan dasar" versus "Tingkat sosial-ekonomi" dan "Kekuatan" versus "Pengaruh".  


Dalam peta ini terdapat 3 tingkat prioritas stakeholder, yaitu Prioritas I (Stakeholder dalam kuadran A), Prioritas II (Kuadran B dan C), dan Prioritas III (Kuadran D). 

Ad 2. Peta stakeholder dengan 3 atribut

Tiga atribut stakeholder yang dipakai dalam peta ini adalah Kekuatan, Urgensi dan Legitimasi. Setiap stakeholder dapat memiliki salah satu, dua, atau tiga dari atribut-atribut tersebut. Jenis dan kombinasi dari jenis-jenis atribut tersebut membentuk 7 kelompok stakeholder, yaitu kelompok-kelompok stakeholder Definitif, Bergantung, Berbahaya, Peminta, Dominan, Diskresi, dan Dorman. Ketujuh kelompok stakeholder ini memiliki karakter masing-masing. Tingkat prioritas stakeholder ditentukan oleh jumlah atribut yang dimiliki. Prioritas I disandang oleh stakeholder yang memiliki 3 atribut, Prioritas II yang memiliki 2 atribut, dan Prioritas III yang hanya memiliki 1 atribut.

 
  
 Peta stakeholder dengan 3 atribut dapat juga digambarkan dengan menggunakan tabel seperti berikut. 
 

Ad 3. Peta stakeholder dengan 4 atribut.

Peta stakeholder ini merupakan bagian dari Metode 4 Atribut yang dikembangkan oleh penulis. Peta ini menggunakan 4 atribut stakeholder dan bersifat kuantitatif. Peta ini dapat memperlihatkan dengan jelas keberadaan Stakeholder Berbahaya dan Stakeholder Marginal. Bahkan kita dapat dengan mudah melihat derajat "berbahaya" dan derajat "marginal" dari stakeholder-stakeholder yang bersangkutan. Contoh berikut ini adalah peta stakeholder dari pengelolaan sebuah kawasan konservasi alam hipotetik yang memiliki 50 stakeholder.




Metode 4 Atribut dilengkapi dengan sebuah peta untuk melihat secara langsung tingkat prioritas sementara stakeholder seperti di bawah ini.


Uraian dan keterangan-keterangan yang lengkap dan jelas terdapat dalam buku "Teori dan Teknik Analisis Stakeholder". ©2017, Sastrawan Manullang. Edisi Pertama. Penerbit IPB Press, Bogor (Anggota IKAPI). ISBN: 978-602-440-204-4; Ukuran buku: (15 x 23 cm); xxiv + 218 halaman; kertas HVS 80 gr;
Cover: AK 230 gr, soft, laminating doff. Berat buku 350 gr.


PEMESANAN BUKU: 

Hubungi WA 085846311870.
Harga umum: Rp 90.000,- (sembilan puluh ribu rupiah) plus Ongkos Kirim; Harga mahasiswa (DISKON 20%)(Tunjukkan Kartu Mahasiswa aktif): Rp 72.000,- (tujuh puluh dua ribu rupiah) plus Ongkos Kirim. Sebutkan jumlah buku dan alamat lengkap (untuk menghitung Ongkos Kirim). Pengiriman akan memakai Jasa Kurir, atau, jika tidak terjangkau, akan memakai Pos.


Para pengunjung kami persilahkan membuka juga post yang lain dalam blog ini!


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA!

Comments

Popular posts from this blog

Buku "TEORI DAN TEKNIK ANALISIS STAKEHOLDER"

RUANG LINGKUP DAN LANGKAH-LANGKAH ANALISIS STAKEHOLDER